Digital Planner: Cara Isi 2020 Weekly Planner, dan Link Download Template GRATIS!

2020 Weekly Planner (filled in)- Grisselda Nihardja.jpeg

Kalau udah menyangkut dengan journaling dan planning, saya suka menulis pakai pulpen di atas kertas, merasakan halamannya, bikin kaligrafi ala-ala pakai brush pen, dan main tempel washi tape, stiker, sampai berbagai macam stamp. Namun, saya juga suka menulis di iPad. Sekarang sering disebut dengan istilah digital journaling, iPad diary, atau iPad journaling. Intinya sama: menulis jurnal, bikin plan, tapi di iPad.

Saking nggak ketemu juga template gratisan yang sesuai dengan keinginan, akhirnya saya niatkan untuk bikin sendiri. Template simpel yang layout-nya sesuai dengan selera ini mirip dengan post Instagram saya yang ini. Setelah lebih dari dua tahun rutin journaling, saya jadi bisa menyaring dan merumuskan bentuk template yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk weekly planner ini, saya membuatnya dengan mempertimbangkan beberapa hal:

1. Tujuh hari harus terlihat dalam satu kali buka.

Ini supaya memudahkan saya dan kamu (kalau mau download) untuk melihat semuanya dalam satu halaman. Nggak perlu geser, nggak perlu cek halaman sebelum ataupun sesudah. Simpel, nggak repot.

2. Ada weekly goal.

Ini penting kelihatan supaya jadi pengingat kalau dalam minggu ini ada sesuatu yang mau dikerjakan/diraih/dilakukan. Goal di sini nggak mesti yang muluk-muluk. Yang realistis, bisa dilakukan, spesifik, dan terukur.

3. Currently reading

Supaya kelihatan minggu ini sedang buku apa. Modus sebenarnya supaya yang download ini juga ikut membaca. HAHAHA. Tenang, tetap ada blank template-nya juga, kok.

4. Affirmation

Minggu lalu saya milih buku tentang afirmasi yang termasuk di dalam Kindle Unlimited, dan sedang mencerna beberapa informasi-informasi baru dari buku ini. Saya sejujurnya percaya nggak percaya dengan afirmasi, tapi buku ini bisa mengajak untuk menyimak dan seenggaknya mencoba dulu dengan lebih rutin. Salah satu kutipan yang menarik:

“Positive affirmations allow us to take control of our thoughts and actions. More importantly, they enable us to take personal responsibility for how we feel.

You have the freedom to choose how you think about something.

- Rachel Robins, Positive Affirmations: Daily affirmations for attracting health, healing, and happiness into your life.

5. Habit tracker

Saya sengaja hanya taruh tiga lingkaran sebagai tempat untuk tiga kebiasaan. Saat ingin membuat kebiasaan baru, nggak perlu banyak-banyak, nanti kewalahan sendiri. Mulai dari yang mudah dilakukan, tapi ada efeknya buat hidup. Kalau yang sudah otomatis dilakukan, nggak perlu diisi di sini. Misalnya, saya nggak naruh membaca sebagai kebiasaan di sini, itu udah pasti saya lakukan, jadi nggak perlu lagi untuk di-track. Saya di sini memilih minum vitamin (masih suka lupa soalnya), olahraga (masih malas soalnya), dan menulis (coba cicil blog post apa apa kek gitu, Griss).

Baca juga: Atomic Habits dan The Power of Habit, Mana yang Lebih Bagus?

6. Highlight

Highlight adalah istilah yang dipakai di buku Make Time (ditulis oleh Jake Knapp and John Zeratsky) untuk mewakili satu aktivitas yang diprioritaskan dan dilindungi di dalam kalender. Untuk menentukan highlight, pilih dengan cara memilih aktivitas yang urgent, memuaskan, atau menyenangkan. Pilih satu dari tiga itu. Makanya, sengaja ukuran kotak untuk highlight ini nggak saya bikin besar. Satu saja, maksimal dua deh. Kalau ada beberapa hal lain yang ingin dikerjakan, taruh di kotak To-do di bawahnya.

7. Day Log

Ini seperti jurnal mini. Bisa tulis yang ada di pikiran di hari itu, habis ngapain, apa yang menarik perhatian, atau ucapan syukur juga bisa ditulis di day log ini.


2020 Weekly Planner Guide

2020 Weekly Planner Guide

Yang akan kalian dapatkan dari template ini…

  • 25 halaman pdf yang bisa di-copy dan disesuaikan urutannya sesuka hati.

  • Guide yang bisa dijadikan salah satu acuan saat mengisi weekly planner. Kalau lupa kotak-kotak itu mau diisi apa, tinggal balik lagi ke sini. Kalau ingin mengisinya dengan kategori yang berbeda ya monggo banget, silakan saja. Bebas.

  • Lima warna weekly planner. Bisa dipilih yang disuka, dan hapus yang nggak disuka. Mau pakai beberapa atau lima-limanya ya bebas juga.

  • Journal template dalam dua tipe, yang satu kotak-kotak, yang satunya lagi polos dan berwarna.


Cara download template gratis:

  1. Bantu isi survei super singkat mini di sini. Selesai isi, nanti muncul download link-nya.

  2. Selesai download, buka file, lalu pilih Copy to GoodNotes atau aplikasi lain yang mungkin kalian punya (iPad user bisa pakai Notability setahu saya). Tinggal pakai, deh :

Happy planning, happy journaling!