Tujuh Hal Tentang Kindle yang Wajib Diketahui: Metode Pembayaran Sampai Tips Berburu Buku Digital Murah

Kindle - Grisselda Nihardja.jpeg

Belakangan ini, saya semakin sering membaca buku digital yang dibeli di Kindle Store. Beberapa buku saya pilih dalam format digital karena selain udah nggak sabar ingin segera baca, harganya pun relatif lebih murah. Hal ini sempat saya share sekilas di Instagram story saat memberi tahu harga buku A New Earth jadi cuma USD 1.99 di Kindle Daily Deals, dan buku digital versi Kindle ini bisa dibaca di aplikasi Kindle-nya. Nah, dari situ ternyata ada beberapa pertanyaan yang masuk di DM. Beberapa teman mengutarakan kalau selama ini mengira cuma bisa baca buku digital itu dari Kindle device seperti Kindle Paperwhite, atau Kindle Oasis yang belakangan ini cukup sering terlihat di feed Instagram saya. Padahal nggak mesti pakai itu, lho. Metode pembayarannya juga nggak sesulit yang dikira. Di blog post ini, saya rangkum tujuh hal penting yang perlu diketahui tentang Kindle, ya. Terutama buat teman-teman yang baru mau coba beli buku di Kindle store, dan tertarik untuk membaca buku digital.

1. Buat akun dulu

Pertama kali tahu Kindle mungkin agak bingung, bikin akunnya di mana. Kalau cari tentang Kindle di mesin pencarian, pasti diarahkannya ke Amazon. Wajar, karena Kindle adalah salah satu produk Amazon. Jadi kalau ingin membeli buku digital edisi Kindle, buat akunnya di Amazon.com, ya. Kalau sudah punya, supaya bisa beli, lanjut ke nomor dua…

2. Edit: Tadinya perlu pakai alamat Amerika Serikat, sekarang nggak lagi

Supaya bisa membeli buku digital dari Amazon Amerika Serikat (AS), dulu perlu alamat AS di akun Amazon-nya. Pakai alamat saudara atau teman (kalau ada), atau taruh alamat random hasil dari googling pun bisa. Ini hanya sebagai syarat dan formalitas saja supaya bisa belanja buku digital. Sekarang, sudah bisa pakai alamat di Indonesia. YAY!

3. Nggak punya kartu kredit? Nggak perlu kecil hati

Nggak semua orang punya kartu kredit, sedangkan transaksi online di situs luar negeri biasanya memerlukan kartu kredit. Nggak perlu bingung, alternatifnya bisa pakai Jenius yang kartu debitnya bisa dipakai di seluruh merchant Visa, dan bisa digunakan sebagai metode pembayaran di Amazon. Dari pengalaman saya bikin rekening di Jenius pun gampang sekali: Daftar online, verifikasi via video call, dan langsung jadi di hari itu juga. Segitu cepatnya.

4. NGGAK PERLU punya Kindle device untuk baca buku yang dibeli di Kindle store.

Nggak perlu mengeluarkan uang sekian juta untuk beli Kindle device kalau masih ragu, atau belum yakin device-nya akan dipakai dengan rutin. Daripada uang sekian juta jadi mubazir kalau device-nya kebanyakan dianggurin, coba aplikasi Kindle saja dulu. Tinggal unduh, coba beli buku di Kindle Store, dan rasakan kalau baca ebook dan bukan paperback gimana. Memang beda tentu kalau pakai e-reader, tapi tes ombak aja dulu. Biasa pegang kertas, kalau jadi baca di layar betah nggak kira-kira? Aplikasi Kindle ini tersedia di App Store dan Google Play. GRATIS. Bisa diunduh dan dipakai di laptop juga.

Kindle di Android

Kindle di Android

5. Kalau ada kesulitan, chat ke Customer Service team-nya

Kalau ada pertanyaan tentang Kindle dan Kindle books, chat Customer Service-nya. Saya sudah beberapa kali menghubungi CS-nya, kebanyakan via chat, dan dari semua pengalaman, mayoritas personel yang menanggapi punya respon cepat dan sangat membantu.

NAH, SUPAYA BELANJANYA LEBIH HEMAT…

6. Add to List buku-buku incaran

Tiap ada buku yang menarik, saya langsung Add to List (seperti tambah ke wishlist/shopping list) supaya gampang dicari sekaligus dicek: Bukunya sedang kena diskon atau nggak. Kadang, buku-buku yang ada di Shopping List ini harganya bisa turun juga walau nggak kelihatan ada di halaman utama Kindle Book Deals.

Kindle Shopping List.png

Rutinitas saya kalau sedang cari buku pasti dimulai dengan cek Shopping List dulu, scroll sampai bawah untuk memantau harga buku-bukunya, dan langsung klik beli kalau ada yang di bawah 5 dolar. Hahaha. Kalau sudah selesai memeriksa halaman ini, lanjut ke…

7. Cek Kindle Book Deals

Di Kindle Book Deals ada banyak buku yang didiskon dengan harga super miring. Diskonnya terasa banget karena beli satu buku jadi cuma USD0.99-USD5.99 dari harga normal yang bisa belasan sampai dua puluhan dolar.

Di halaman ini, bagian paling atas adalah Kindle Daily Deals. Di sini ada beberapa buku yang didiskon bergantian setiap harinya. Walau banyak judul yang sangat asing dan genrenya bukan selera, kadang ada aja loh buku-buku incaran saya yang masuk ke daily deals ini.

Selain Kindle Daily Deals, ada juga buku-buku yang didiskon dan dibagi sesuai kategori, atau promosi tertentu yang periode waktunya lebih lama.

Selain bisa dapat good deal buku digital super murah, kadang saya jadi terekspos dengan buku baru yang sebelumnya nggak ada di radar. Buku Unfollow, contohnya. Saya tertarik dengan judul dan sampai beli karena melihat buku ini ada di Kindle Book Deals.

Kindle Daily Deals

Kindle Daily Deals

Kindle Book Deals - Shop by category

Kindle Book Deals - Shop by category

Nah, beli buku digital di Kindle store nggak seribet dan semahal yang dikira, kan? Apalagi bukunya juga bisa dibaca di handphone masing-masing. Selamat mengeksplor buku digital buat yang mau mencoba! :)