Griss' Top Picks: 0.5 Gel Pens

Griss' Top Picks: 0.5 Gel Pens

Halo!

Post ini mau gue jadikan tempat referensi buat kalian yang lagi nyari gel pen enak, yang ink flow-nya oke, dan warna hitamnya (iya, ini spesifik hitam) memuaskan.

Lima gel pen ini adalah favorit gue sekarang, yang berarti kalau gue nulis jurnal atau planner, yang masuk rotasi dan diambil lagi dan lagi ya bisa dipastikan salah satu dari lima ini. Nggak menutup kemungkinan nanti akan berubah, dan kalau nanti berubah pun gue bakal lanjutin update-nya di post ini dengan nambah tanggal/bulan dan tahunnya.

FYI: Lima gel pen ini semuanya waterproof, alias kalau ketetesan air, tulisan kita nggak bakal musnah. Kriteria ini menurut gue penting, karena kecerobohan seorang manusia, siapalah yang bisa menebak yah. Gue lebih suka “siap-siap” dan merasa tenang, daripada nanti menanges melihat isi buku luntur :’)

1. Pentel Energel Clena

Gel pen yang bikin gue naksir dengan needle tip.

Needle tip sendiri adalah bentuk ujung pena yang lurus, biasanya kita lihat di pensil mekanik, tapi gel pen juga banyak yang punya ujung seperti ini.

Gue selalu nyaman menulis dengan Pentel Energel Clena. Tinta nggak pernah macet, konsistensi tintanya juga bagus, nggak ada yang putus-putus atau macet di awal. Empuk, smooth, dan grip-nya enak.

Selain Clena, banyak pilihan warna body untuk Pentel EnerGel. Ada edisi terbatas dengan karakter-karakter lucu yang familier buat kita seperti Snoopy, Sanrio, Hello Kitty yang bisa dipilih. Cek link-link di bawah untuk lihat beberapa opsinya.

Pilihan seller (bisa langsung klik link di bawah untuk langsung ke product page-nya):

Refill:

2 & 3. Uniball One & Uniball One F

Berbeda dengan gel pen lain di post ini, Uniball One dan Uniball One F punya ujung conical.

Conical point/tip maksudnya adalah ujung gel pen-nya menyerupai kerucut. Kalau ditanya enak mana antara conical dengan needle tip, buat gue sebenarnya nggak ada perbedaan yang gimana-gimana. Kalau mau nulis rapi ya dua-duanya bisa, tergantung selera aja pada akhirnya. Yang gue perhatiin dari kebiasaan pribadi sih gini: conical tip lebih cocok buat nulis ngebut (semisal lagi nulis meeting notes). Kalau needle tip lebih sering gue ambil saat mau nulis pelan dan santai.

Sekarang kita lihat apa beda dari Uniball One (biasa) dengan Uniball One F (yang lebih premium).

Uniball One (black body) lebih ringan dari Uniball One F (blue body). Dari segi harga, Uniball One F dipatok lebih mahal karena materialnya juga terasa lebih berat dan kokoh. Namun, di Uniball One justru ada karet di bagian grip-nya, sehingga saat dipegang dan dipakai lama, bisa jadi justru lebih nyaman untuk sebagian orang.

Buat isi ulangnya sih keduanya pakai refill yang sama. Yang membedakan hanya di warna body, material, dan beratnya saja.

Kalau suka tinta hitam yang benar-benar nampol, Uniball One ini juaranya. The blackest and prettiest black that I’ve ever found. Ya memang kalau sekilas dilihat semua gel pen ini sama, but in real life, Uniball One dan Uniball One F ini yang hitamnya paling cakep (buat selera gue).

Pilihan seller (bisa langsung klik link di bawah untuk langsung ke product page-nya):

Refill:

3. Platinum Pod

Platinum Pod Gel Pen

Iseng ke KKV buat cari gel pen biru titipan mama (tonton reel dan swatches-nya di sini), dan berujung gue jadi naksir beberapa di antaranya juga. Alhasil, gue juga beli warna hitamnya.

Platinum Pod ini setengah dari body-nya ditutup karet yang bikin pulpennya enak dipegang, tapi di sisi lain jadi rawan nangkap debu juga hahaha. Buat tinta, flow-nya lancar banget. Saking lancarnya kelihatan kalau gel pen ini paling wet, dan perlu lebih hati-hati biar nggak kegesek tangan saat baru nulis. Tapi kalau udah set, aman kok.

Saat ini baru bisa dibeli di KKV offline store. Harga gel pen dengan needle tip ini cukup terjangkau: Rp13.900.

Refill-nya nggak tersedia.

4. Domi DM-930

Sama enaknya dengan Platinum Pod. Dari awal icip gel pen biru mama, gue pertama naksir ya sama yang ini.

Body-nya transparan, nggak ada karet di grip-nya, tapi karena diameternya cukup tebal, dipakai nulis lama ya nggak ada komplen juga gue.

Tintanya juga lancar banget, hampir se-wet Platinum Pod. Domi DM-930 ini pakai needle tip, tapi bentukannya beda sendiri dibandingkan dengan tiga lainnya. Walau sama-sama 0.5, kalau mau nulis lebih rapi dan lebih “kecil”, Domi DM-930 ini yang bakal gue pilih.

Harganya paling murah, Rp9.900 aja. Sama kayak Platinum Pod, nggak ada refill-nya juga yang tersedia di sini.

P.S. KKV ada di kota mana aja, silakan cek ke akun IG-nya KKV secara mandiri yak :D

Rekomendasi Gel Pens. Perbandingan needle tip-nya

Kiri ke kanan: Domi, Platinum Pod, Pentel EnerGel

Rekomendasi Gel Pens

Honorable Mentions

Selain lima di atas, ada juga beberapa gel pen lain yang juga bagus, tapi lagi parkir sementara.

And that’s all for now! Kalau ada request stationery item lain buat post berikutnya, tinggalin aja di komentar ya. Hope this blog post helps! :)